Pages

Rabu, 06 Februari 2013

Hidup?



Setiap manusia yang hidup akan mengalami masalah-masalah yang tak akan habis. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali pasti menemui yang namanya masalah. Akan tetapi hal itu bukan berarti hidup manusia menjadi sulit dan tidak menyenangkan. Karena sebenarnya masalah yang dihadapi itulah yang akan terwujud menjadi sulit atau tidak menyenangkan tergantung dari cara menyelesaikan masalah itu.
Ketika suatu masalah dihadapi dengan tegang atau dengan perasaan yang ragu bahwa dirinya tak mampu, itu secara tidak langsung menjadikan diri sulit mengatasi masalah tersebut. Sebaliknya jika dirinya menganggap bahwa masalah itu mudah dan pasti dapat diselesaikan pastilah dirinya akan dengan mudah menyelesaikan masalah itu  dan pada akhirnya kesenangan yang didapat sebab ia berhasil mengatasi masalahnya.
Jangan menanamkan ketakutan pada diri terhadap masalah. Ketika seseorang merasa takut atau bahkan lari dari masalah hal itu akan berakibat pada tak terselesaikannya masalah tersebut. Oleh karena itu, jangan sekali-kali takut atau menghindar dari masalah karena jika itu terjadi yang ada adalah masalah yang semakin menumpuk dan semakin berat.
Yakin bahwa tak ada perkara yang tak dapat diselesaikan. Pada hakikatnya setiap masalah yang dihadapi manusia pastilah mempunyai jalan keluar atau pemecahannya. Sehingga manusia tak perlu khawatir menghadapi masalah yang dihadapinya setiap hari selama hidupnya. Dengan begitu, apabila seseorang menemui suatu masalah ia akan menghadapinya dan dengan cara yang tepat masalah itu akan terselesaikan.
Tidak semua masalah yang dihadapi manusia dapat dipecahkan dengan mudah. Terkadang manusia menemui masalah yang berat sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, perlu ditanamkan pada diri kesabaran dalam menghadapi masalah yang menimpanya. Dengan bersabar orang akan dapat berpikir lebih tenang dan lebih nyaman sehingga dapat menghasilkan pemikiran yang tepat sebagai solusi terhadap masalahnya.
Terkadang suatu masalah tak dapat diselesaikan seorang diri. Saat seseorang menemui masalah yang tak bisa dipecahkannya sendiri barangkali masalah itu perlu untuk dibagi dengan orang lain untuk membantunya. Hal ini bukan berarti menyalahi “tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan” akan tetapi hal ini tetap berlaku hanya saja masalah yang dihadapi tidak diselesaikan oleh satu orang melainkan dengan bantuan orang lain (kolektiv).
Pada akhirnya hidup manusia adalah untuk menyelesaikan masalah yang ditemui dalam hidup. Orang yang hidup bahagia adalah yang mampu menyelesaikan setiap masalahnya dengan senang dan kebanggaan.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar